Alat Untuk Membuat Abon Sapi

Alat Untuk Membuat Abon Sapi

Alat Untuk Membuat Abon Sapi, mesin suwir abon manual, mesin pengering abon, mesin pembuat abon terdiri atas, mesin suwir abon, mesin penggoreng abon, mesin pembuat abon sapi,mesin suwir abon ayam, harga mesin penyuir ayam, alat suwir daging manual, mesin pencacah daging abon, alat suwir ayam manual, mesin pencabik daging, alat untuk menyuwir daging ayam, harga mesin penyuir daging , mesin pembuat abon ayam, mesin pres abon, harga jual mesin suwir abon, pemasak, peniris minyak, pengemas abon, mesin pembuat abon ikan daging sapi ayam udang dengan cara dimasak dicabik suwir, alat pembuat abon ini harganya murah. kami juga menyediakan mesin suwir abon dan pencabik abon untuk usaha abon rumahan.  Mesin Pembuat Abon Ikan, Daging Sapi, Ayam, Udang

Abon ialah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya umumnya berwarna cokelat jelas sampai kehitam-hitaman karena diberi bumbu kecap. Abon terlihat seperti serat-serat kapas, sebab didominasi oleh serat-serat otot yang jadi kering yang disuwir-suwir. Sebab kering serta hampir tidak mempunyai bekas kandungan air, abon umumnya awet disimpan beberapa minggu sampai beberapa bulan dalam paket yang kedap hawa. 

Pemanfaatan mesin pembuat abon masih minim di Alat Untuk Membuat Abon Sapi untuk itu dengan alat ini akan membantu usah pembuatan abon menjadi optimal dan mempercepat produksi abon. Berikut mesin pengolahan abon terbaik yang kami tampilkan sesuai urutan pembuatan abon. semua abon cara pengolahannya sama, cuma berbeda bahan saja.

1. Mesin Pencabik Daging, Ikan, Ayam, Udang ( Suwir Abon)

mesin suwir abon mesin pencabik abon
Gambar Mesin Suwir Abon

Spesifikasi Mesin Suwir Abon - Pencabik Abon

Tipe                              : KM-SA01
Dimensi                       : 650 x 350 x 700 cm
 Pengerak                      : Dinamo 1/4 HP
Rangka                         : Siku Besi
Material Penggiling     : Stainless Steel
Material Corong          : Stainless Steel
Transmisi                     : Pulley Dan V-Belt
Kapasitas                     : 30-50 kg/jam

2. Mesin Pemasak Abon - Mesin Penggoreng Abon

Mesin Pemasak Abon
Gambar Mesin Pemasak Abon

Spesifikasi Mesin Pemasak Abon

Tipe                             :  KM -5 D
Dimensi                       : 500x400x700 mm
Material Body             : Mild Steel
Material Tabung          : Stainless steel
Material Pengaduk      : As Stainless Steel dan Plat Stainless Steel,
KayuPengerak                     : Elektromotor 1/ 2 HP
Kapasitas                     : 4-5  kg/ proses
Pemanas                      : LPG

3. Mesin Pengering Abon - Peniris Minyak Abon

Mesin peniris minyak abon
Gambar Mesin Peniris Minyak Abon

Spesifikasi Mesin Peniris Minyak Abon

Material     : mild steel , stainless steel
Pengerak    : elektromotor 1/4 hp
Transmisi   : pulley dan v-belt
Kapasitas   : 3-5 kg/proses

4. Mesin Pengemas Abon

mesin pengemas abon
Gambar Mesin Pengemas Abon

Spesifikasi Mesin Pengemas Abon

Tipe                       : Continous Band Sealer
Dimensi                 : 900 x 420 x 660 mm
Material Body        : Besi, Plastik, Stainless Steel
Material Pisau        : Baja
Material Rangka    : Besi Dan Stainless Steel
Loading Bahan       : Konveyor
Daya                       : 500 watt
Maksimal beban     : 4-5 kg
Lebar Seal              : 6-15 mm
Berat                       : 40-42 kg
Kontrol Kecepatan
Konveyor
Coding Expired DateKontrol Panas

Info Pemesanan dan Workshoop Mesin Abon Arena Mesin

Arena Mesin - Tempat Pembuatan mesin pengolahan Abon Terpercaya
Alamat : Jln. Grogolan Dongkelsari Umbulmartani Ngemplak Sleman (CV.Kios Mesin)

Call      : 0821.3816.1990 / 0877.3968.8150
Email   : kiosmesin@yahoo.co.id


______________________________________________________________________________
Tidak hanya terbuat berbahan basic daging (sapi, kambing, kuda, babi, serta domba), ada banyak abon yang membuatnya menggunakan bahan basic dari makanan laut, seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, kepiting rajungan serta udang.

Abon umumnya dikonsumsi jadi lauk taburan diatas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau jadi isi lemper serta biasa juga dikonsumsi langsung seperti mengonsumsi atau konsumsi cemilan (cemilan). Di Indonesia, daging yang biasa dipakai untuk bikin abon datang dari daging sapi, hingga orang kenal 'abon sapi'. Tidak hanya daging sapi, bahan lain yang dipakai ialah ayam, babi, ikan, Kuda, serta kambing. Di China, abon yang paling umum ialah abon yang terbuat dari daging babi yang dimaksud Chousong.[1] Sentral pembuatan abon sapi di Indonesia sekarang ini berada di wilayah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang serta banyak daerah lain sekelilingnya (seputar Jawa Tengah serta Jawa Timur). Produksi abon sapi dapat juga di jumpai di kota Palembang serta Pontianak. Sedang sentral pembuatan abon dari daging babi terdapat banyak di wilayah Bali, Sulawesi Utara, serta Sumatra Utara.

Cara membuat

Potongan daging baik itu sapi atau babi yang bagus serta yang sudah diberi bumbu dengan garam, micin/penyedap serta kecap manis, di rebus serta dididihkan di air sampai betul-betul lembut, hingga serat-serat daging mulai lepas, lumat serta gampang untuk disuwir-suwir. Ini sebab kandungan kolagen serta elastin zat pengikat otot sudah larut oleh air rebusan hingga gampang disuwir-suwir.

Daging yang mulai tercerai-berai hasil rebusan ini lalu dikeringkan, bisa lewat cara dijemur sepanjang 2 hari atau mungkin dengan langkah pengeringan yang memakai oven (oven listrik dapat juga). Sesudah daging abon telah dikeringkan, daging harus disangrai diatas penggorengan besar sekalian ditumbuk-tumbuk. Saat ditumbuk daging ini membuat serat-serat daging yang mirip gumpalan benang/kapas. Waktu disangrai ini serat daging ditambah lagi bumbu-bumbu penambah rasa, seperti gula jawa, micin, dikit kecap kenal, pemberi rasa pedas serta bawang goreng, selalu diaduk sampai betul-betul kering serta dikemas. Diluar itu, beberapa abon yang dibikin dengan kualitas rendah seringkali ditambah lagi bahan pengisi yang memberikan cita rasa baru yang unik, seperti kacang koro pedang, kacang mete, dan lain-lain.

Macam- Macam Abon

1. Abon Ikan 

Adalah menu makanan sehat yang kaya nutrisi. Kandungan protein serta omega 3 dari ikan jadi bahan basic abon ini berperan tingkatkan kecerdasan anak, kurangi resiko penyakit jantung, kanker, serta menahan alzheimer. Ikan yang banyak dipakai jadi bahan basic abon yakni ikan tuna, patin, gabus, gurame, bandeng, tenggiri, pari, tongkol, nila, lele, serta belut. Supaya abon ini tidak amis umumnya ditambah lagi jahe serta daun salam. Abon ikan terbagi dalam beberapa variasi perasaan seperti asin, manis, serta pedas. 

2. Abon Jamur Tiram 

Umumnya jadi target beberapa vegetarian yang ingin nikmati menu abon. Jamur tiram sebagai bahan penting abon ini adalah bahan pilihan penurun cholesterol, perlambat munculnya kepikunan, katarak, penyakit jantung, kencing manis, rematik, serta kanker. Kelebihan abon ini terdapat pada jamur yang kaya serat serta mempunyai perasaan lezat serta gurih yang mendekati daging. Langkah membuat abon jamur tidak membutuhkan investasi yang mahal, serta dapat diawali dari dapur sendiri dengan memakai perlengkapan dapur seadaanya. Buat Anda penggemar perasaan pedas, abon ini dapat diproses jadi abon jamur pedas. 

3. Abon Jantung Pisang 

Jantung pisang yang seringkali terlewatkan nyatanya menaruh banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, betakarotin, Vit. B serta C yang berguna untuk pasien diabetes, menahan penyakit jantung serta stroke. Dari sisi bentuk serta perasaan, abon jantung pisang tidak jauh beda dengan abon daging. Abon ini baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak sebab bisa memberikan perasaan kenyang lebih lama. Sebelum diproses, buang kelopak luar jantung yang berwarna merah, sisakan yang berwarna putih kekuningan, bersihkan bersih lalu irislah halus. Untuk menghilangkan getah serta perasaan sepatnya cukuplah dikukus, atau di rebus sebelum diproses. Untuk memberikan perasaan gurih mirip daging, pakai kaldu daging sapi untuk rebusannya. Untuk proses selanjuntya sama dengan membuat abon sapi.

4. Abon Kambing 

Abon ini memiliki bahan basic daging kambing yang kaya faktor seng (Zn). Bila diproses dengan higienis tanpa ada bahan pengawet beresiko, abon ini begitu berguna untuk mendukung perkembangan serta tingkatkan kecerdasan anak. Dan menolong menguatkan rahim yang lemah, sebab kemampuan rahim dipastikan oleh faktor seng pada tubuh. Untuk membuahkan abon yang lezat, daging kambing lebih baik dikukus, sebab pengukusan membuahkan struktur yang padat hingga suwiran yang dibuat bertambah teratur. Abon ini banyak dipakai untuk taburan Nasi Goreng. 

5. Abon Lengkuas 

Lengkuas yang seringkali dipakai jadi bumbu masakan nyatanya bisa jadikan abon yang nikmat. Pemakaian lengkuas untuk jadikan abon umumnya digabung dengan daging sapi, hingga perasaan lengkuas berbaur dengan perasaan daging serta memunculkan perasaan yang ciri khas. Supaya serat abon halus, lengkuas dimemarkan dengan pemukul daging sebelum dicabik-cabik, atau juga bisa lewat cara diparut. 

6. Abon Cabai 

Buat pencinta perasaan pedas, abon ini adalah pilihan lain untuk nikmati sambal. Variasi abon satu ini dibikin lewat cara mengeringkan cabai yang telah dibumbui serta dikasih bermacam perasaan, agar di nikmati jadi pelengkap menu makanan. Abon cabe bisa dkreasikan jadi hidangan dengan perasaan yang spesial seperti abon cabai merah teri, cabai merah ebi, cabai hijau ebi serta cabai hijau teri. Beberapa orang nikmati abon cabai lewat cara ditaburkan diatas nasi hangat. 

7. Abon Ebi 

Ebi atau udang rebon bisa jadikan abon yang enak serta mempunyai nilai gizi cukuplah tinggi, sebab di ebi ada kandungan protein, kalsium, serta yodium yang begitu berguna buat badan. Abon ebi bisa dikreasikan jadi beberapa menu spesial seperti abon ebi gulung, yakni abon ebi yang dibungkus kulit pangsit lewat cara digulung serta direkatkan dengan putih telur, lalu digoreng sampai masak. 

8. Abon Sapi

Abon sapi mungkin yang paling banyak dijumpai dan didapat di pasar dan toko. abon sapi jelas terbuat dari daging sapi, memiliki gizi yang baik dan biasa dimakan untuk yang habis operasi atau bedah. untuk pembuatan lebih gampang bila memakai mesin abon
kami siap melayani pengiriman mesin kami sampai saat ini sampai seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

Alat Untuk Membuat Abon Sapi Hasil perikanan adalah satu diantara sumber pangan Indonesia. Ikan gabus ini ialah hasil perikanan air tawar yang sekarang ini sedang jadi sorotan di kelompok warga sebab mempunyai banyak faedah buat kesehatan badan kita. Untuk tingkatkan penerimaan serta mengonsumsi ikan gabus di warga, karena itu produk turunan ikan gabus dapat dibikin jadi abon ikan gabus.Alat Untuk Membuat Abon Sapi

Abon ikan gabus ini memiliki bentuk serta struktur yang lembut, rasa-rasanya yang enak, baunya yang ciri khas, serta memiliki daya awet yang relatif lama. Tingkatan proses pembuatan abon ikan gabus itu kira-kira sama dengan pembuatan abon berbahan yang lain.

Langkah membuat abon ikan gabus:
Langkah awal yang perlu kita kerjakan ialah pembersihan ikan gabus. Ini maksudnya adalah untuk hilangkan kotoran serta hilangkan sejumlah besar mikroba yang yang ada pada badan ikan gabusnya.
Lalu ikan gabus dikukus sepanjang kira-kira 50 menit, pengukusan ini mempunyai tujuan untuk dapat mendapatkan struktur daging ikan yang empuk. Pada saat pengukusan dapat dikasih menambahkan rempah-rempah seperti jahe, serai, serta daun salam untuk mendapatkan aroma yang ciri khas.
Sesudah proses pengukusan usai, daging ikan gabus dipisahkan dari tulangnya (difillet) serta diambil daging yang berwarna putih. Daging ikan gabus disuwir-suwir sampai didapat seratan-seratan daging.
Kita sediakan bumbunya, mekanisme pembuatan bumbu yakni berbentuk garam 4 g, bawang putih 3 g, bawang merah 21 g, gula merah 30 g, ketumbar 3 g dihaluskan serta digabung rata. Tumis bumbu-bumbu itu dengan minyak goreng 7 ml sekalian selalu diaduk sampai bumbunya beralih warna jadi kecokelatan.
Pencampuran bumbu dengan suwiran ikan gabus serta air kukusan ikan yang sudah ditadah ±70 ml lalu diperam sepanjang kira-kira 60 menit.
Sesudah diperam, kombinasi suwiran daging ikan gabus serta bumbu lalu dimasukkan dalam wajan dengan ditambah lagi daun jeruk serta digoreng di atas wajan yang dipanasi dengan memakai api kecil.
Suwiran daging ikan gabus digoreng sepanjang 20-30 menit sampai berwarna cokelat tua. Jika telah dikerjakan pengeringan minyak dengan memakai mesin spinner.
Bila usaha anda yang telah mulai tumbuh, karena itu umumnya pesanan makin banyak, tentu saja memerlukan dukugan perlengkapan yang ideal. Karena itu pendukung alat serta mesin pembuat abon Ikan gabus ini jadi keperluan yang penting dalam memberi dukungan usaha anda.


Gurame telah jadi satu diantara ikan yang seringkali dikonsumsi di beberapa kelompok warga, sebab ikan yang satu ini punyai rasa yang lezat serta citarasanya yang ciri khas. Diluar itu kandungan nutrisi ikan gurame pun tidak kalah dengan ikan yang lain. Gurame adalah ikan air tawar yang pas jadi sumber protein alternatif ikan laut buat Anda yang sedang jalani diet berkebutuhan spesial.

Beberapa bahan:

1 ekor ikan gurame 800 gr
1/2 kelapa muda parut
3 sendok makan minyak goreng
Bumbu halus:

5 bawang merah
9 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar, disangrai
3 cabai merah besar, dibuang biji
1 sendok makan gula merah
1/2 ruas jari kunyit
1 sendok teh garam
2 lembar daun salam
Langkah membuat abon ikan gurame:
Pertama, bersihkan dahulu ikan gurame sampai bersih. Termasuk juga bersihkan dari sisik serta durinya.
Sesudah itu, kukus daging ikan gurame sampai struktur dagingnya berasa empuk agar mempermudah untuk proses penyuwiran.
Ikan gurame yang telah dikukus, lalu digiling dengan memakai alat penggiling sampai jadi potongan-potongan kecil.
Haluskan semua bumbu yang telah disediakan, lalu tumis di atas wajan yang telah dikasih minyak goreng seperlunya. Anda dapat memberikan tambahan santan serta parutan kelapa. Masak sampai aromanya harum serta warnanya beralih keemasan.
Masukan suwiran daging ikan gurame, campur aduk dengan rata dengan bumbunya sampai masak serta kering.

Ikan patin yang punyai serat yang kasar serta tidak memiliki kandungan banyak tulang, serta ikan patin ini telah kita kenal jadi ikan penghasil daging sebab formasi serta perkembangan dagingnya relatif semakin bagus jika dibandingkan dengan ikan type yang lain.

Produk yang dibuat awet serta bertahan lama, dan memiliki kandungan nilai protein yang tinggi. Jadi pemrosesan ikan ini dengan beberapa langkah serta rasa membuat orang konsumsi ikan semakin banyak.

Langkah membuat abon ikan patin:
Pertama, daging ikan patin dicuci terlebih dulu sampai bersih, termasuk juga buang sisi kepala, isi perut, serta sirip ikannya, lalu daging ikan patin dipotong-potong jadi bagian-bagian kecil.
Sesudah itu langkah seterusnya yakni lakukan pengukusan daging ikan. Potongan ikan yang telah kita membersihkan barusan lalu kita susun di panci serta dikukus sepanjang 30 menit. Proses pengukusan ini dapat kita hentikan jika daging ikannya telah berasa lunak.
Sesudah daging ikan dikukus, lalu kita kerjakan proses pencabikan atau penggilingan daging ikan sampai jadi serat-serat.
Pada step ini, serat-serat daging ikan yang telah kita proses barusan dapat selekasnya kita imbuhkan bumbu. Bumbu-bumbu yang ditambah lagi terbagi dalam: bawang putih, ketumbar, lengkuas yang telah diparut dengan parutan, gula pasir, gula merah, garam dapur, serta santan kelapa.
Sesudah semua bumbu-bumbunya telah tercampur rata dalam serat-serat daging ikan, langkah seterusnya yakni penggorengan. Serat-serat daging ikan barusan kita goreng sepanjang kira-kira 4 jam. Tetapi ingat, sepanjang penggorengan, kita harus mengaduknya dengan terus-terusan agar tidak cepat gosong serta hasilnya dapat masak dengan rata. Jika serat-serat dagingnya telah kelihatan beralih jadi warna kuning kecokelatan, bermakna telah masak, serta dapat selekasnya kita tiriskan.
Proses selanjutnya itu pengepresan kembali serat-serat daging ikan yang telah kita goreng barusan. Pengepresan ini butuh dikerjakan maksudnya itu untuk kurangi kandungan minyak yang masih ada sesudah penggorengan.

Ikan bandeng ini sejak dahulu sudah populer akan rasa-rasanya yang gurih serta ciri khas. Ikan ini banyak dibudidayakan di beberapa wilayah di Indonesia, jadi ketersediaannya juga begitu melimpah. Tidak hanya rasa-rasanya yang enak, ikan bandeng ini punyai kandungan gizi serta protein yang lumayan tinggi, jadi begitu baik untuk perkembangan anak.

Beberapa bahan:

1 ekor ikan bandeng fresh
Minyak goreng seperlunya
5 siung bawang putih, haluskan
9 buah cabai rawit, haluskan
1 sendok teh ketumbar bubuk
2 batang serai
½ sendok makan jinten bubuk
1 sendok teh gula pasir
½ sendok teh garam
Langkah membuat abon ikan bandeng:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah bersihkan sisi luar ikan bandeng, termasuk juga sisik serta durinya.
Panasi air sampai mendidih, lalu kukus ikan bandeng sepanjang kira-kira 30 menit sampai struktur daging ikan bandengnya berasa empuk.
Sesudah itu suwir-suwir daging ikan bandengnya dengan memakai mesin penggiling sampai halus serta didapat serat-seratnya.
Lalu panasi minyak seperlunya di atas wajan dengan rasio api kecil. Haluskan bawang putih, ketumbar, jinten, serta cabe rawit. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan barusan sampai aromanya harum.
Masukan suwiran daging ikan bandeng barusan sekalian selalu diaduk sampai rata. Imbuhkan serai, garam, serta gula. Masak sampai kering serta beralih warna jadi kuning kecokelatan. Jika telah masak baru dapat selekasnya diangkat serta tiriskan.
Masukan abon ikan bandeng yang telah masak barusan dalam alat serta mesin peniris minyak abon agar kandungan air serta minyaknya yang masih terdapat dapat betul-betul habis.

Ya sesuai namanya, abon ikan tuna ini ialah type makanan awetan yang terbuat dari ikan tuna yang dibumbui, serta diproses lewat cara perebusan, penyeratan, serta penggorengan. Sejak dahulu ikan tuna memang tetap jadi satu diantara type ikan yang seringkali dikonsumsi, sebab tidak hanya rasa-rasanya yang enak, kandungan gizinya lumayan tinggi.

Produk yang dibuat ini memiliki bentuk serta struktur yang lembut, rasa-rasanya yang enak serta baunya yang ciri khas, dan memiliki daya awet yang relatif lama.

Langkah membuat abon ikan tuna:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah menyiangi ikan tunanya terlebih dulu, ikan tuna disiangi lewat cara dibuang isi perutnya, serta dipotong-potong melintang untuk mempermudah pengukusan, lalu kita bersihkan potongan daging ikan tunanya sampai bersih.
Sesudah itu daging ikan tunanya kita kukus sampai masak, maksudnya itu untuk mempermudah pemungutan daging serta memisahkan dari tulang serta duri). Sekalian menanti pengukusan, semua bumbu disediakan ditimbang sesuai keperluan, diantaranya: jinten, bawang merah, bawang putih, cuka, garam, potongan lengkuas, kayu manis, gula pasir, serta buah pala.
Ikan yang sudah dikukus lalu ditiriskan. Sesudah dingin, daging ikan tuna dicabik – cabik dengan memakai mesin suwir daging ikan serta dipisahkan dari daging hitamnya, lalu diperas sampai kering lalu ditumbuk atau diuraikan sampai jadi serpihan – serpihan yang halus.
Semua bumbu yang telah kita sediakan barusan, kita haluskan terlebih dulu, lalu kita tumis bumbu-bumbunya sampai keluarkan berbau yang harum, sesudah itu masukan ikan yang sudah dicabik-cabik itu serta campur semua bubuk, sekalian kita aduk dengan terus-terusan sampai kering.
Daging ikan yang sudah digabung dengan bumbu lalu digoreng dengan minyak atau dapat juga tanpa ada minyak, sekalian tetap diaduk – aduk agar tidak gosong. Jika memakai minyak, daging ikan harus semuanya harus terbenang supaya didapat abon yang kering serta renyah. Tetapi ingat, penggorengannya harus selekasnya kita hentikan saat abon berwarna kuning kecoklatan. Sesudah kering angkat serta tiriskan/dinginkan.


Ikan salmon adalah type ikan yang banyak disenangi sebab struktur dagingnya yang enak serta berguna juga untuk badan. Diluar itu, kandungan gizinya yang tinggi ini membuat ikan salmon banyak disukai oleh warga. Walau di lain sisi, harga ikan salmon ini termasuk tinggi, tetapi rasa-rasanya yang lezat serta kandungan nutrisinya yang tinggi saya pikir sebanding dengan nilai jualnya.

Beberapa bahan:

1 kg ikan salmon
300 ml santan kelapa
1 sumber daya manusia gula merah
1 sumber daya manusia air asam
Mentega seperlunya
Bumbu yang dihaluskan:

6 siung bawang putih.
10 siung bawang merah.
1/2 sumber daya manusia ketumbar.
4 butir kemiri, disangrai lebih dulu.
Bumbu pelengkap:

Garam, gula pasir serta lada putih bubuk seperlunya.
2 lembar daun salam.
Lengkuas seukuran 2 ruas ibu jari, dimemarkan.
2 batang serai, pakai sisi putihnya saja, lalu dimemarkan.
5 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.
5 sumber daya manusia bawang merah goreng.
Langkah membuat abon ikan salmon:

Langkah awal yang perlu dikerjakan itu ialah membersihkan daging ikan salmon sampai bersih. Lalu balur daging ikan salmon dengan perasan lemon atau jeruk nipis dan garam, maksudnya itu untuk hilangkan berbau amis serta dapat juga membuat daging ikan salmonnya jadi lebih fresh.
Sesudah itu panasi air sampai mendidih serta kukus daging ikan salmon barusan agar dapat memperoleh daging salmon dengan struktur yang lembut. Kukus sampai masak, kira-kira sepanjang 25 menit.
Jika telah masak, daging salmon dapat selekasnya diangkat serta disuwir-suwir dengan memakai mesin pensuwir daging abon sampai memperoleh serat-serat dagingnya.
Haluskan bumbu-bumbu yang telah Anda sediakan. Panasi minyak goreng seperlunya di atas wajan dengan api sedang. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum serta masak.
Imbuhkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, serta serai. Lalu tumis semua sampai aromanya harum. Lalu tuang santan, masak sekalian selalu diaduk sampai mendidih.
Imbuhkan garam, gula pasir, lada putih bubuk, serta gula merah.
Masukan suwiran daging ikan salmon serta aduk sampai semua tercampur rata.
Tuang air asam, masak sekalian selalu diaduk sampai jadi kering serta teksturnya telah sama dengan abon, jika telah Anda dapat mematikan kompornya. Alat Pembuat Abon Tebing Tinggi Sumatera Utara

Ikan lele telah jadi satu diantara sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi di kelompok warga, dan gampang didapatkan pada harga yang relatif murah.

Abon ikan lele ini adalah type makanan olahan yang terbuat dari ikan lele yang dibumbui serta diproses dengan kekinian. Pembuatan abon ikan lele ini mempunyai tujuan untuk memproses ikan tanpa ada kurangi nilai protein yang ada pada ikan lele tersebut.

Langkah membuat abon ikan lele:
Bahan baku yang dipakai ialah ikan lele yang masih utuh serta fresh, untuk seterusnya dikerjakan proses penyiangan.
Pada proses penyiangan yakni pemotongan ikan serta pencucian daging ikan, sisi kepala serta isi perut ikan dibuang. Sesudah itu daging ikan lele semestinya di rendam di air yang digabung dengan air cuka. Kandungan air cuka yang digunakan ialah ±2%. Ini butuh dikerjakan untuk bikin berbau amisnya hilang. Tidak hanya memakai cuka, berbau amis pada ikan lele dapat juga di hilangkan dengan meningkatkan serai pada bumbu abon.
Lalu potongan-potongan ikan lele yang telah di rendam di air cuk diatur ke panci besar serta di rebus sepanjang kira-kira 30 – 60 menit. Tetapi ingat, proses perebusan akan di stop sesudah daging ikan jadi lunak. Sepanjang proses perebusan itu ditambah lagi daun salam serta garam rebus.
Ikan yang telah di rebus lalu dipres dengan mesin pengepres. Sebelum dipres, daging ikan itu semestinya ditiriskan terlebih dulu seputar 5 – 10 menit. Step pengepresan ini maksudnya adalah untuk kurangi kandungan air pada daging ikan lele yang sudah di rebus. Makin berkurang kandungan air yang dikandung dalam daging, maka semakin baik serat-serat daging yang dibuat.
Sesudah daging ikan dipres, lalu dikerjakan proses pencabikan sampai jadi serat-serat.
Pada step ini, serat-serat daging hasil pencabikan barusan kita imbuhkan beberapa bahan pembantu (bumbu-bumbu). Bumbu-bumbu yang ditambah lagi terbagi dalam: bawang putih, ketumbar, lengkuas yang sudah diparut dengan mesin parutan, gula pasir, garam dapur, serai, santan kelapa serta juga bisa kita imbuhkan daun kari, untuk memberi rasa kari pada abon lele, bahkan juga jika ingin rasa-rasanya pedas ya juga bisa kita imbuhkan cabe merah atau cabe rawit, sesuai dengan hasrat kita semasing.
Sesudah bumbu-bumbu tercampur dengan rata dalam serat-serat daging ikan, lalu dikerjakan penggorengan ±60 menit. Sepanjang proses penggorengan ini, kita kerjakan pengadukan dengan terus-terusan supaya abon ikan yang dibuat masak dengan rata serta bumbu-bumbu bisa meresap secara baik. Step penggorengan ini selekasnya kita hentikan jika serat-serat daging yang digoreng telah berwarna kuning kecoklatan.

 Ikan tenggiri ini tidak hanya dapat kita nikmati langsung lewat cara di goreng, dikukus, dipepes atau dibakar dapat juga di awetkan lewat cara dibikin abon. Tidak hanya rasa-rasanya yang gurih serta enak, abon ikan tenggiri ini begitu memiliki nutrisi buat badan, dengan kandungan proteinnya yang lumayan tinggi membuat beberapa orang yang meminatinya.

Beberapa bahan:

½ kg ikan tenggiri yang sudah di suwir.
200 gr gula merah.
10 gr ketumbar.
10 buah bawang merah.
5 gr biji laos.
Garam seperlunya (sesuai dengan hasrat).
10 gr jahe.
3 daun sereh.
7 siung bawang putih.
Langkah membuat abon ikan tenggiri:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah membersihkan ikan tenggiri sampai bersih serta tidak licin. Sesudah itu ikan tenggiri disiangi terlebih dulu, yakni sisi isi perut serta kepalanya supaya bisa lebih gampang dalam proses pengukusannya.
Panasi air sampai mendidih, lalu ikan tenggiri dikukus sampai masak, agar dapat mempermudah untuk ambil dagingnya dari tulang-tulang ikan, sesudah itu daging ikan tenggiri ditumbuk sampai jadi suwiran-suwiran kecil.
Bumbu yang telah disediakan dihaluskan, lalu lumuri serta ratakan ke daging ikan tenggiri yang telah disuwir barusan.
Daging ikan tenggiri yang telah digabung dengan bumbu barusan lalu digoreng dalam wajan dengan minyak seperlunya, aduk sampai kering serta beralih warnanya jadi kuning kecokelatan.
Abon yang telah digoreng barusan lalu dapat Anda angkat serta tiriskan. Sesudah itu masukan ke alat spinner untuk dapat memisahkan abonnya dari minyak.

Ikan tongkol telah jadi satu diantara komoditi export serta sebagai bahan makanan yang seringkali serta banyak dikonsumsi warga Indonesia.

Kenyataannya, abon ikan tongkol ini rasa-rasanya yang gurih serta lezat membuat abon ikan tongkol banyak disukai oleh pebisnis yang berani bersaing di bagian kuliner. Sebab tidak hanya enak, abon ikan tongkol sehatkan. Yang lebih memberikan keuntungan ialah dapat bertahan lama, sama dengan abon sapi sebagai lawannya. Alat Pembuat Abon Tebing Tinggi Sumatera Utara

Langkah membuat abon ikan tongkol:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah bersihkan ikan tongkol serta keluarkan sampah makanan di perut ikan termasuk juga bekas kotorannya, dan buang kepalanya.
Kukus ikan tongkol sampai masak. Dilanjut dengan ambil daging serta singkirkan duri-durinya.
Cabik daging ikan dengan mesin pencabik daging serta ikan sampai jadi kecil serta tidak rapi seperti awalnya.
Campur bumbu rempah lewat cara dihaluskan, diantaranya: bawang merah 75g, bawang putinh 10g, gula merah 150g, ketumbar 10g, 3 tangkai serai, garam dapur 15g, jahe 10g, laos 5g. Lalu, masukan dalam daging ikan tumbuk, aduk sampai rata.
Goreng daging ikan tongkol plus bumbu dengan minyak, aduk selalu sampai kering serta warnanya jadi kuning kecokelatan atau cukup kehitaman.
Usaha ialah ketekunan, serta didukung dengan seperangkat alat serta mesin abon ikan tongkol, akan menolong membesarkan usaha anda, tentu saja bila usaha anda telah mulai tumbuh.

Ikan cakalang ini jadi ikan yang disukai oleh warga, diantaranya yang membuat makanan olahan ikan cakalang ini ialah sebab struktur dagingnya yang padat dan empuk dan rasa-rasanya yang nikmat.

Ikan cakalang ini tidak hanya mempunyai rasa yang lezat serta gurih, nyatanya begitu baik dikonsumsi sebab begitu berguna buat kesehatan. Mengenai kandungan gizi yang ada pada ikan cakalang ialah kandungan protein yang tinggi ditambah lagi kandungan omega 3 yang begitu baik buat kesehatan dan perkembangan serta perubahan badan manusia.

Beberapa bahan:

500 g ikan cakalang
minyak goreng seperlunya
3 btg serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan
150 ml santan
250 g kelapa muda, parut panjang
Bumbu halus:

6 bh bawang merah
4 siung bawang putih
4 btr kemiri
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar
3 lbr daun jeruk
Langkah membuat abon ikan cakalang:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah membersihkan ikan cakalangnya sampai bersih, dan janganlah lupa untuk buang sisik serta durinya.
Panasi air sampai mendidih, lalu kukus ikan cakalang sampai empuk. Sesudah itu diangkat serta tiriskan.
Lalu daging ikan cakalang disuwir-suwir sampai jadi seratan-seratan, proses penyuwiran dapat dikerjakan dengan memakai garpu atau mesin pencacah daging ikan.
Panasi minyak di atas wajan, lalu masukan semua bahan yang telah dihaluskan, lalu tumis sampai aromanya wangi. Anda dapat memberikan tambahan garam serta gula pasir seperlunya sekalian diaduk-aduk dengan rata.
Masukan suwiran ikan cakalang, santan, serta kelapa muda parut sekalian diaduk rata. Masak dengan api kecil sampai kering serta warnanya menjadi kuning kecokelatan.
Imbuhkan bekas minyak goren, aduk sampai abon kering, lalu angkat serta tiriskan.A

Alat Untuk Membuat Abon Sapi

[Kata Kunci], mesin suwir abon manual, mesin pengering abon, mesin pembuat abon terdiri atas, mesin suwir abon, mesin penggoreng abon, mesin pembuat abon sapi,mesin suwir abon ayam, harga mesin penyuir ayam, alat suwir daging manual, mesin pencacah daging abon, alat suwir ayam manual, mesin pencabik daging, alat untuk menyuwir daging ayam, harga mesin penyuir daging , mesin pembuat abon ayam, mesin pres abon, harga jual mesin suwir abon, pemasak, peniris minyak, pengemas abon, mesin pembuat abon ikan daging sapi ayam udang dengan cara dimasak dicabik suwir, alat pembuat abon ini harganya murah. kami juga menyediakan mesin suwir abon dan pencabik abon untuk usaha abon rumahan.  Mesin Pembuat Abon Ikan, Daging Sapi, Ayam, Udang

Abon ialah makanan yang yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya umumnya berwarna cokelat jelas sampai kehitam-hitaman karena diberi bumbu kecap. Abon terlihat seperti serat-serat kapas, sebab didominasi oleh serat-serat otot yang jadi kering yang disuwir-suwir. Sebab kering serta hampir tidak mempunyai bekas kandungan air, abon umumnya awet disimpan beberapa minggu sampai beberapa bulan dalam paket yang kedap hawa. 

Pemanfaatan mesin pembuat abon masih minim di Alat Untuk Membuat Abon Sapi untuk itu dengan alat ini akan membantu usah pembuatan abon menjadi optimal dan mempercepat produksi abon. Berikut mesin pengolahan abon terbaik yang kami tampilkan sesuai urutan pembuatan abon. semua abon cara pengolahannya sama, cuma berbeda bahan saja.

1. Mesin Pencabik Daging, Ikan, Ayam, Udang ( Suwir Abon)

mesin suwir abon mesin pencabik abon
Gambar Mesin Suwir Abon

Spesifikasi Mesin Suwir Abon - Pencabik Abon

Tipe                              : KM-SA01
Dimensi                       : 650 x 350 x 700 cm
 Pengerak                      : Dinamo 1/4 HP
Rangka                         : Siku Besi
Material Penggiling     : Stainless Steel
Material Corong          : Stainless Steel
Transmisi                     : Pulley Dan V-Belt
Kapasitas                     : 30-50 kg/jam

2. Mesin Pemasak Abon - Mesin Penggoreng Abon

Mesin Pemasak Abon
Gambar Mesin Pemasak Abon

Spesifikasi Mesin Pemasak Abon

Tipe                             :  KM -5 D
Dimensi                       : 500x400x700 mm
Material Body             : Mild Steel
Material Tabung          : Stainless steel
Material Pengaduk      : As Stainless Steel dan Plat Stainless Steel,
KayuPengerak                     : Elektromotor 1/ 2 HP
Kapasitas                     : 4-5  kg/ proses
Pemanas                      : LPG

3. Mesin Pengering Abon - Peniris Minyak Abon

Mesin peniris minyak abon
Gambar Mesin Peniris Minyak Abon

Spesifikasi Mesin Peniris Minyak Abon

Material     : mild steel , stainless steel
Pengerak    : elektromotor 1/4 hp
Transmisi   : pulley dan v-belt
Kapasitas   : 3-5 kg/proses

4. Mesin Pengemas Abon

mesin pengemas abon
Gambar Mesin Pengemas Abon

Spesifikasi Mesin Pengemas Abon

Tipe                       : Continous Band Sealer
Dimensi                 : 900 x 420 x 660 mm
Material Body        : Besi, Plastik, Stainless Steel
Material Pisau        : Baja
Material Rangka    : Besi Dan Stainless Steel
Loading Bahan       : Konveyor
Daya                       : 500 watt
Maksimal beban     : 4-5 kg
Lebar Seal              : 6-15 mm
Berat                       : 40-42 kg
Kontrol Kecepatan
Konveyor
Coding Expired DateKontrol Panas

Info Pemesanan dan Workshoop Mesin Abon Arena Mesin

Arena Mesin - Tempat Pembuatan mesin pengolahan Abon Terpercaya
Alamat : Jln. Grogolan Dongkelsari Umbulmartani Ngemplak Sleman (CV.Kios Mesin)

Call      : 0821.3816.1990 / 0877.3968.8150
Email   : kiosmesin@yahoo.co.id


______________________________________________________________________________
Tidak hanya terbuat berbahan basic daging (sapi, kambing, kuda, babi, serta domba), ada banyak abon yang membuatnya menggunakan bahan basic dari makanan laut, seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, kepiting rajungan serta udang.

Abon umumnya dikonsumsi jadi lauk taburan diatas nasi, mie pangsit atau bubur ayam, atau jadi isi lemper serta biasa juga dikonsumsi langsung seperti mengonsumsi atau konsumsi cemilan (cemilan). Di Indonesia, daging yang biasa dipakai untuk bikin abon datang dari daging sapi, hingga orang kenal 'abon sapi'. Tidak hanya daging sapi, bahan lain yang dipakai ialah ayam, babi, ikan, Kuda, serta kambing. Di China, abon yang paling umum ialah abon yang terbuat dari daging babi yang dimaksud Chousong.[1] Sentral pembuatan abon sapi di Indonesia sekarang ini berada di wilayah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang serta banyak daerah lain sekelilingnya (seputar Jawa Tengah serta Jawa Timur). Produksi abon sapi dapat juga di jumpai di kota Palembang serta Pontianak. Sedang sentral pembuatan abon dari daging babi terdapat banyak di wilayah Bali, Sulawesi Utara, serta Sumatra Utara.

Cara membuat

Potongan daging baik itu sapi atau babi yang bagus serta yang sudah diberi bumbu dengan garam, micin/penyedap serta kecap manis, di rebus serta dididihkan di air sampai betul-betul lembut, hingga serat-serat daging mulai lepas, lumat serta gampang untuk disuwir-suwir. Ini sebab kandungan kolagen serta elastin zat pengikat otot sudah larut oleh air rebusan hingga gampang disuwir-suwir.

Daging yang mulai tercerai-berai hasil rebusan ini lalu dikeringkan, bisa lewat cara dijemur sepanjang 2 hari atau mungkin dengan langkah pengeringan yang memakai oven (oven listrik dapat juga). Sesudah daging abon telah dikeringkan, daging harus disangrai diatas penggorengan besar sekalian ditumbuk-tumbuk. Saat ditumbuk daging ini membuat serat-serat daging yang mirip gumpalan benang/kapas. Waktu disangrai ini serat daging ditambah lagi bumbu-bumbu penambah rasa, seperti gula jawa, micin, dikit kecap kenal, pemberi rasa pedas serta bawang goreng, selalu diaduk sampai betul-betul kering serta dikemas. Diluar itu, beberapa abon yang dibikin dengan kualitas rendah seringkali ditambah lagi bahan pengisi yang memberikan cita rasa baru yang unik, seperti kacang koro pedang, kacang mete, dan lain-lain.

Macam- Macam Abon

1. Abon Ikan 

Adalah menu makanan sehat yang kaya nutrisi. Kandungan protein serta omega 3 dari ikan jadi bahan basic abon ini berperan tingkatkan kecerdasan anak, kurangi resiko penyakit jantung, kanker, serta menahan alzheimer. Ikan yang banyak dipakai jadi bahan basic abon yakni ikan tuna, patin, gabus, gurame, bandeng, tenggiri, pari, tongkol, nila, lele, serta belut. Supaya abon ini tidak amis umumnya ditambah lagi jahe serta daun salam. Abon ikan terbagi dalam beberapa variasi perasaan seperti asin, manis, serta pedas. 

2. Abon Jamur Tiram 

Umumnya jadi target beberapa vegetarian yang ingin nikmati menu abon. Jamur tiram sebagai bahan penting abon ini adalah bahan pilihan penurun cholesterol, perlambat munculnya kepikunan, katarak, penyakit jantung, kencing manis, rematik, serta kanker. Kelebihan abon ini terdapat pada jamur yang kaya serat serta mempunyai perasaan lezat serta gurih yang mendekati daging. Langkah membuat abon jamur tidak membutuhkan investasi yang mahal, serta dapat diawali dari dapur sendiri dengan memakai perlengkapan dapur seadaanya. Buat Anda penggemar perasaan pedas, abon ini dapat diproses jadi abon jamur pedas. 

3. Abon Jantung Pisang 

Jantung pisang yang seringkali terlewatkan nyatanya menaruh banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, fosfor, kalsium, zat besi, betakarotin, Vit. B serta C yang berguna untuk pasien diabetes, menahan penyakit jantung serta stroke. Dari sisi bentuk serta perasaan, abon jantung pisang tidak jauh beda dengan abon daging. Abon ini baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak sebab bisa memberikan perasaan kenyang lebih lama. Sebelum diproses, buang kelopak luar jantung yang berwarna merah, sisakan yang berwarna putih kekuningan, bersihkan bersih lalu irislah halus. Untuk menghilangkan getah serta perasaan sepatnya cukuplah dikukus, atau di rebus sebelum diproses. Untuk memberikan perasaan gurih mirip daging, pakai kaldu daging sapi untuk rebusannya. Untuk proses selanjuntya sama dengan membuat abon sapi.

4. Abon Kambing 

Abon ini memiliki bahan basic daging kambing yang kaya faktor seng (Zn). Bila diproses dengan higienis tanpa ada bahan pengawet beresiko, abon ini begitu berguna untuk mendukung perkembangan serta tingkatkan kecerdasan anak. Dan menolong menguatkan rahim yang lemah, sebab kemampuan rahim dipastikan oleh faktor seng pada tubuh. Untuk membuahkan abon yang lezat, daging kambing lebih baik dikukus, sebab pengukusan membuahkan struktur yang padat hingga suwiran yang dibuat bertambah teratur. Abon ini banyak dipakai untuk taburan Nasi Goreng. 

5. Abon Lengkuas 

Lengkuas yang seringkali dipakai jadi bumbu masakan nyatanya bisa jadikan abon yang nikmat. Pemakaian lengkuas untuk jadikan abon umumnya digabung dengan daging sapi, hingga perasaan lengkuas berbaur dengan perasaan daging serta memunculkan perasaan yang ciri khas. Supaya serat abon halus, lengkuas dimemarkan dengan pemukul daging sebelum dicabik-cabik, atau juga bisa lewat cara diparut. 

6. Abon Cabai 

Buat pencinta perasaan pedas, abon ini adalah pilihan lain untuk nikmati sambal. Variasi abon satu ini dibikin lewat cara mengeringkan cabai yang telah dibumbui serta dikasih bermacam perasaan, agar di nikmati jadi pelengkap menu makanan. Abon cabe bisa dkreasikan jadi hidangan dengan perasaan yang spesial seperti abon cabai merah teri, cabai merah ebi, cabai hijau ebi serta cabai hijau teri. Beberapa orang nikmati abon cabai lewat cara ditaburkan diatas nasi hangat. 

7. Abon Ebi 

Ebi atau udang rebon bisa jadikan abon yang enak serta mempunyai nilai gizi cukuplah tinggi, sebab di ebi ada kandungan protein, kalsium, serta yodium yang begitu berguna buat badan. Abon ebi bisa dikreasikan jadi beberapa menu spesial seperti abon ebi gulung, yakni abon ebi yang dibungkus kulit pangsit lewat cara digulung serta direkatkan dengan putih telur, lalu digoreng sampai masak. 

8. Abon Sapi

Abon sapi mungkin yang paling banyak dijumpai dan didapat di pasar dan toko. abon sapi jelas terbuat dari daging sapi, memiliki gizi yang baik dan biasa dimakan untuk yang habis operasi atau bedah. untuk pembuatan lebih gampang bila memakai mesin abon
kami siap melayani pengiriman mesin kami sampai saat ini sampai seluruh Indonesia. daerah tersebut diantara:Banda Aceh Langsa Lhokseumawe Sabang Subulussalam Binjai Gunungsitoli Medan Padang Sidempuan Pematangsiantar Sibolga Tanjungbalai Tebing Tinggi Bengkulu Jambi Sungaipenuh Dumai Pekanbaru Bukittinggi Padang Padang Panjang Pariaman Payakumbuh Sawahlunto Solok Lubuklinggau Pagar Alam Palembang Prabumulih Bandar Lampung Metro Pangkalpinang Batam Tanjungpinang Jawa Bandung Banjar Batu Bekasi Blitar Bogor Cilegon Cimahi Cirebon Depok Jakarta Jakarta Utara Jakarta Timur Jakarta Pusat Jakarta Selatan Jakarta Barat Kediri Madiun Magelang Malang Mojokerto Pasuruan Pekalongan Probolinggo Salatiga Semarang Serang Sukabumi Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Yogyakarta Kalimantan Pontianak Singkawang Banjarbaru Banjarmasin Palangka Raya Balikpapan Bontang Samarinda Tarakan Nusa Tenggara Denpasar Bima Mataram Kupang Sulawesi Gorontalo Makassar Palopo Parepare Baubau Kendari Palu Bitung Kotamobagu Manado Tomohon Maluku Ambon Tual Ternate Tidore Kepulauan Papua Jayapura Sorong, Bangka Belitung

Alat Untuk Membuat Abon Sapi Hasil perikanan adalah satu diantara sumber pangan Indonesia. Ikan gabus ini ialah hasil perikanan air tawar yang sekarang ini sedang jadi sorotan di kelompok warga sebab mempunyai banyak faedah buat kesehatan badan kita. Untuk tingkatkan penerimaan serta mengonsumsi ikan gabus di warga, karena itu produk turunan ikan gabus dapat dibikin jadi abon ikan gabus.[Kata Kunci]

Abon ikan gabus ini memiliki bentuk serta struktur yang lembut, rasa-rasanya yang enak, baunya yang ciri khas, serta memiliki daya awet yang relatif lama. Tingkatan proses pembuatan abon ikan gabus itu kira-kira sama dengan pembuatan abon berbahan yang lain.

Langkah membuat abon ikan gabus:
Langkah awal yang perlu kita kerjakan ialah pembersihan ikan gabus. Ini maksudnya adalah untuk hilangkan kotoran serta hilangkan sejumlah besar mikroba yang yang ada pada badan ikan gabusnya.
Lalu ikan gabus dikukus sepanjang kira-kira 50 menit, pengukusan ini mempunyai tujuan untuk dapat mendapatkan struktur daging ikan yang empuk. Pada saat pengukusan dapat dikasih menambahkan rempah-rempah seperti jahe, serai, serta daun salam untuk mendapatkan aroma yang ciri khas.
Sesudah proses pengukusan usai, daging ikan gabus dipisahkan dari tulangnya (difillet) serta diambil daging yang berwarna putih. Daging ikan gabus disuwir-suwir sampai didapat seratan-seratan daging.
Kita sediakan bumbunya, mekanisme pembuatan bumbu yakni berbentuk garam 4 g, bawang putih 3 g, bawang merah 21 g, gula merah 30 g, ketumbar 3 g dihaluskan serta digabung rata. Tumis bumbu-bumbu itu dengan minyak goreng 7 ml sekalian selalu diaduk sampai bumbunya beralih warna jadi kecokelatan.
Pencampuran bumbu dengan suwiran ikan gabus serta air kukusan ikan yang sudah ditadah ±70 ml lalu diperam sepanjang kira-kira 60 menit.
Sesudah diperam, kombinasi suwiran daging ikan gabus serta bumbu lalu dimasukkan dalam wajan dengan ditambah lagi daun jeruk serta digoreng di atas wajan yang dipanasi dengan memakai api kecil.
Suwiran daging ikan gabus digoreng sepanjang 20-30 menit sampai berwarna cokelat tua. Jika telah dikerjakan pengeringan minyak dengan memakai mesin spinner.
Bila usaha anda yang telah mulai tumbuh, karena itu umumnya pesanan makin banyak, tentu saja memerlukan dukugan perlengkapan yang ideal. Karena itu pendukung alat serta mesin pembuat abon Ikan gabus ini jadi keperluan yang penting dalam memberi dukungan usaha anda.


Gurame telah jadi satu diantara ikan yang seringkali dikonsumsi di beberapa kelompok warga, sebab ikan yang satu ini punyai rasa yang lezat serta citarasanya yang ciri khas. Diluar itu kandungan nutrisi ikan gurame pun tidak kalah dengan ikan yang lain. Gurame adalah ikan air tawar yang pas jadi sumber protein alternatif ikan laut buat Anda yang sedang jalani diet berkebutuhan spesial.

Beberapa bahan:

1 ekor ikan gurame 800 gr
1/2 kelapa muda parut
3 sendok makan minyak goreng
Bumbu halus:

5 bawang merah
9 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar, disangrai
3 cabai merah besar, dibuang biji
1 sendok makan gula merah
1/2 ruas jari kunyit
1 sendok teh garam
2 lembar daun salam
Langkah membuat abon ikan gurame:
Pertama, bersihkan dahulu ikan gurame sampai bersih. Termasuk juga bersihkan dari sisik serta durinya.
Sesudah itu, kukus daging ikan gurame sampai struktur dagingnya berasa empuk agar mempermudah untuk proses penyuwiran.
Ikan gurame yang telah dikukus, lalu digiling dengan memakai alat penggiling sampai jadi potongan-potongan kecil.
Haluskan semua bumbu yang telah disediakan, lalu tumis di atas wajan yang telah dikasih minyak goreng seperlunya. Anda dapat memberikan tambahan santan serta parutan kelapa. Masak sampai aromanya harum serta warnanya beralih keemasan.
Masukan suwiran daging ikan gurame, campur aduk dengan rata dengan bumbunya sampai masak serta kering.

Ikan patin yang punyai serat yang kasar serta tidak memiliki kandungan banyak tulang, serta ikan patin ini telah kita kenal jadi ikan penghasil daging sebab formasi serta perkembangan dagingnya relatif semakin bagus jika dibandingkan dengan ikan type yang lain.

Produk yang dibuat awet serta bertahan lama, dan memiliki kandungan nilai protein yang tinggi. Jadi pemrosesan ikan ini dengan beberapa langkah serta rasa membuat orang konsumsi ikan semakin banyak.

Langkah membuat abon ikan patin:
Pertama, daging ikan patin dicuci terlebih dulu sampai bersih, termasuk juga buang sisi kepala, isi perut, serta sirip ikannya, lalu daging ikan patin dipotong-potong jadi bagian-bagian kecil.
Sesudah itu langkah seterusnya yakni lakukan pengukusan daging ikan. Potongan ikan yang telah kita membersihkan barusan lalu kita susun di panci serta dikukus sepanjang 30 menit. Proses pengukusan ini dapat kita hentikan jika daging ikannya telah berasa lunak.
Sesudah daging ikan dikukus, lalu kita kerjakan proses pencabikan atau penggilingan daging ikan sampai jadi serat-serat.
Pada step ini, serat-serat daging ikan yang telah kita proses barusan dapat selekasnya kita imbuhkan bumbu. Bumbu-bumbu yang ditambah lagi terbagi dalam: bawang putih, ketumbar, lengkuas yang telah diparut dengan parutan, gula pasir, gula merah, garam dapur, serta santan kelapa.
Sesudah semua bumbu-bumbunya telah tercampur rata dalam serat-serat daging ikan, langkah seterusnya yakni penggorengan. Serat-serat daging ikan barusan kita goreng sepanjang kira-kira 4 jam. Tetapi ingat, sepanjang penggorengan, kita harus mengaduknya dengan terus-terusan agar tidak cepat gosong serta hasilnya dapat masak dengan rata. Jika serat-serat dagingnya telah kelihatan beralih jadi warna kuning kecokelatan, bermakna telah masak, serta dapat selekasnya kita tiriskan.
Proses selanjutnya itu pengepresan kembali serat-serat daging ikan yang telah kita goreng barusan. Pengepresan ini butuh dikerjakan maksudnya itu untuk kurangi kandungan minyak yang masih ada sesudah penggorengan.

Ikan bandeng ini sejak dahulu sudah populer akan rasa-rasanya yang gurih serta ciri khas. Ikan ini banyak dibudidayakan di beberapa wilayah di Indonesia, jadi ketersediaannya juga begitu melimpah. Tidak hanya rasa-rasanya yang enak, ikan bandeng ini punyai kandungan gizi serta protein yang lumayan tinggi, jadi begitu baik untuk perkembangan anak.

Beberapa bahan:

1 ekor ikan bandeng fresh
Minyak goreng seperlunya
5 siung bawang putih, haluskan
9 buah cabai rawit, haluskan
1 sendok teh ketumbar bubuk
2 batang serai
½ sendok makan jinten bubuk
1 sendok teh gula pasir
½ sendok teh garam
Langkah membuat abon ikan bandeng:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah bersihkan sisi luar ikan bandeng, termasuk juga sisik serta durinya.
Panasi air sampai mendidih, lalu kukus ikan bandeng sepanjang kira-kira 30 menit sampai struktur daging ikan bandengnya berasa empuk.
Sesudah itu suwir-suwir daging ikan bandengnya dengan memakai mesin penggiling sampai halus serta didapat serat-seratnya.
Lalu panasi minyak seperlunya di atas wajan dengan rasio api kecil. Haluskan bawang putih, ketumbar, jinten, serta cabe rawit. Tumis semua bumbu yang telah dihaluskan barusan sampai aromanya harum.
Masukan suwiran daging ikan bandeng barusan sekalian selalu diaduk sampai rata. Imbuhkan serai, garam, serta gula. Masak sampai kering serta beralih warna jadi kuning kecokelatan. Jika telah masak baru dapat selekasnya diangkat serta tiriskan.
Masukan abon ikan bandeng yang telah masak barusan dalam alat serta mesin peniris minyak abon agar kandungan air serta minyaknya yang masih terdapat dapat betul-betul habis.

Ya sesuai namanya, abon ikan tuna ini ialah type makanan awetan yang terbuat dari ikan tuna yang dibumbui, serta diproses lewat cara perebusan, penyeratan, serta penggorengan. Sejak dahulu ikan tuna memang tetap jadi satu diantara type ikan yang seringkali dikonsumsi, sebab tidak hanya rasa-rasanya yang enak, kandungan gizinya lumayan tinggi.

Produk yang dibuat ini memiliki bentuk serta struktur yang lembut, rasa-rasanya yang enak serta baunya yang ciri khas, dan memiliki daya awet yang relatif lama.

Langkah membuat abon ikan tuna:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah menyiangi ikan tunanya terlebih dulu, ikan tuna disiangi lewat cara dibuang isi perutnya, serta dipotong-potong melintang untuk mempermudah pengukusan, lalu kita bersihkan potongan daging ikan tunanya sampai bersih.
Sesudah itu daging ikan tunanya kita kukus sampai masak, maksudnya itu untuk mempermudah pemungutan daging serta memisahkan dari tulang serta duri). Sekalian menanti pengukusan, semua bumbu disediakan ditimbang sesuai keperluan, diantaranya: jinten, bawang merah, bawang putih, cuka, garam, potongan lengkuas, kayu manis, gula pasir, serta buah pala.
Ikan yang sudah dikukus lalu ditiriskan. Sesudah dingin, daging ikan tuna dicabik – cabik dengan memakai mesin suwir daging ikan serta dipisahkan dari daging hitamnya, lalu diperas sampai kering lalu ditumbuk atau diuraikan sampai jadi serpihan – serpihan yang halus.
Semua bumbu yang telah kita sediakan barusan, kita haluskan terlebih dulu, lalu kita tumis bumbu-bumbunya sampai keluarkan berbau yang harum, sesudah itu masukan ikan yang sudah dicabik-cabik itu serta campur semua bubuk, sekalian kita aduk dengan terus-terusan sampai kering.
Daging ikan yang sudah digabung dengan bumbu lalu digoreng dengan minyak atau dapat juga tanpa ada minyak, sekalian tetap diaduk – aduk agar tidak gosong. Jika memakai minyak, daging ikan harus semuanya harus terbenang supaya didapat abon yang kering serta renyah. Tetapi ingat, penggorengannya harus selekasnya kita hentikan saat abon berwarna kuning kecoklatan. Sesudah kering angkat serta tiriskan/dinginkan.


Ikan salmon adalah type ikan yang banyak disenangi sebab struktur dagingnya yang enak serta berguna juga untuk badan. Diluar itu, kandungan gizinya yang tinggi ini membuat ikan salmon banyak disukai oleh warga. Walau di lain sisi, harga ikan salmon ini termasuk tinggi, tetapi rasa-rasanya yang lezat serta kandungan nutrisinya yang tinggi saya pikir sebanding dengan nilai jualnya.

Beberapa bahan:

1 kg ikan salmon
300 ml santan kelapa
1 sumber daya manusia gula merah
1 sumber daya manusia air asam
Mentega seperlunya
Bumbu yang dihaluskan:

6 siung bawang putih.
10 siung bawang merah.
1/2 sumber daya manusia ketumbar.
4 butir kemiri, disangrai lebih dulu.
Bumbu pelengkap:

Garam, gula pasir serta lada putih bubuk seperlunya.
2 lembar daun salam.
Lengkuas seukuran 2 ruas ibu jari, dimemarkan.
2 batang serai, pakai sisi putihnya saja, lalu dimemarkan.
5 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.
5 sumber daya manusia bawang merah goreng.
Langkah membuat abon ikan salmon:

Langkah awal yang perlu dikerjakan itu ialah membersihkan daging ikan salmon sampai bersih. Lalu balur daging ikan salmon dengan perasan lemon atau jeruk nipis dan garam, maksudnya itu untuk hilangkan berbau amis serta dapat juga membuat daging ikan salmonnya jadi lebih fresh.
Sesudah itu panasi air sampai mendidih serta kukus daging ikan salmon barusan agar dapat memperoleh daging salmon dengan struktur yang lembut. Kukus sampai masak, kira-kira sepanjang 25 menit.
Jika telah masak, daging salmon dapat selekasnya diangkat serta disuwir-suwir dengan memakai mesin pensuwir daging abon sampai memperoleh serat-serat dagingnya.
Haluskan bumbu-bumbu yang telah Anda sediakan. Panasi minyak goreng seperlunya di atas wajan dengan api sedang. Tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai harum serta masak.
Imbuhkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, serta serai. Lalu tumis semua sampai aromanya harum. Lalu tuang santan, masak sekalian selalu diaduk sampai mendidih.
Imbuhkan garam, gula pasir, lada putih bubuk, serta gula merah.
Masukan suwiran daging ikan salmon serta aduk sampai semua tercampur rata.
Tuang air asam, masak sekalian selalu diaduk sampai jadi kering serta teksturnya telah sama dengan abon, jika telah Anda dapat mematikan kompornya. Alat Pembuat Abon Tebing Tinggi Sumatera Utara

Ikan lele telah jadi satu diantara sumber protein hewani yang banyak dikonsumsi di kelompok warga, dan gampang didapatkan pada harga yang relatif murah.

Abon ikan lele ini adalah type makanan olahan yang terbuat dari ikan lele yang dibumbui serta diproses dengan kekinian. Pembuatan abon ikan lele ini mempunyai tujuan untuk memproses ikan tanpa ada kurangi nilai protein yang ada pada ikan lele tersebut.

Langkah membuat abon ikan lele:
Bahan baku yang dipakai ialah ikan lele yang masih utuh serta fresh, untuk seterusnya dikerjakan proses penyiangan.
Pada proses penyiangan yakni pemotongan ikan serta pencucian daging ikan, sisi kepala serta isi perut ikan dibuang. Sesudah itu daging ikan lele semestinya di rendam di air yang digabung dengan air cuka. Kandungan air cuka yang digunakan ialah ±2%. Ini butuh dikerjakan untuk bikin berbau amisnya hilang. Tidak hanya memakai cuka, berbau amis pada ikan lele dapat juga di hilangkan dengan meningkatkan serai pada bumbu abon.
Lalu potongan-potongan ikan lele yang telah di rendam di air cuk diatur ke panci besar serta di rebus sepanjang kira-kira 30 – 60 menit. Tetapi ingat, proses perebusan akan di stop sesudah daging ikan jadi lunak. Sepanjang proses perebusan itu ditambah lagi daun salam serta garam rebus.
Ikan yang telah di rebus lalu dipres dengan mesin pengepres. Sebelum dipres, daging ikan itu semestinya ditiriskan terlebih dulu seputar 5 – 10 menit. Step pengepresan ini maksudnya adalah untuk kurangi kandungan air pada daging ikan lele yang sudah di rebus. Makin berkurang kandungan air yang dikandung dalam daging, maka semakin baik serat-serat daging yang dibuat.
Sesudah daging ikan dipres, lalu dikerjakan proses pencabikan sampai jadi serat-serat.
Pada step ini, serat-serat daging hasil pencabikan barusan kita imbuhkan beberapa bahan pembantu (bumbu-bumbu). Bumbu-bumbu yang ditambah lagi terbagi dalam: bawang putih, ketumbar, lengkuas yang sudah diparut dengan mesin parutan, gula pasir, garam dapur, serai, santan kelapa serta juga bisa kita imbuhkan daun kari, untuk memberi rasa kari pada abon lele, bahkan juga jika ingin rasa-rasanya pedas ya juga bisa kita imbuhkan cabe merah atau cabe rawit, sesuai dengan hasrat kita semasing.
Sesudah bumbu-bumbu tercampur dengan rata dalam serat-serat daging ikan, lalu dikerjakan penggorengan ±60 menit. Sepanjang proses penggorengan ini, kita kerjakan pengadukan dengan terus-terusan supaya abon ikan yang dibuat masak dengan rata serta bumbu-bumbu bisa meresap secara baik. Step penggorengan ini selekasnya kita hentikan jika serat-serat daging yang digoreng telah berwarna kuning kecoklatan.

 Ikan tenggiri ini tidak hanya dapat kita nikmati langsung lewat cara di goreng, dikukus, dipepes atau dibakar dapat juga di awetkan lewat cara dibikin abon. Tidak hanya rasa-rasanya yang gurih serta enak, abon ikan tenggiri ini begitu memiliki nutrisi buat badan, dengan kandungan proteinnya yang lumayan tinggi membuat beberapa orang yang meminatinya.

Beberapa bahan:

½ kg ikan tenggiri yang sudah di suwir.
200 gr gula merah.
10 gr ketumbar.
10 buah bawang merah.
5 gr biji laos.
Garam seperlunya (sesuai dengan hasrat).
10 gr jahe.
3 daun sereh.
7 siung bawang putih.
Langkah membuat abon ikan tenggiri:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah membersihkan ikan tenggiri sampai bersih serta tidak licin. Sesudah itu ikan tenggiri disiangi terlebih dulu, yakni sisi isi perut serta kepalanya supaya bisa lebih gampang dalam proses pengukusannya.
Panasi air sampai mendidih, lalu ikan tenggiri dikukus sampai masak, agar dapat mempermudah untuk ambil dagingnya dari tulang-tulang ikan, sesudah itu daging ikan tenggiri ditumbuk sampai jadi suwiran-suwiran kecil.
Bumbu yang telah disediakan dihaluskan, lalu lumuri serta ratakan ke daging ikan tenggiri yang telah disuwir barusan.
Daging ikan tenggiri yang telah digabung dengan bumbu barusan lalu digoreng dalam wajan dengan minyak seperlunya, aduk sampai kering serta beralih warnanya jadi kuning kecokelatan.
Abon yang telah digoreng barusan lalu dapat Anda angkat serta tiriskan. Sesudah itu masukan ke alat spinner untuk dapat memisahkan abonnya dari minyak.

Ikan tongkol telah jadi satu diantara komoditi export serta sebagai bahan makanan yang seringkali serta banyak dikonsumsi warga Indonesia.

Kenyataannya, abon ikan tongkol ini rasa-rasanya yang gurih serta lezat membuat abon ikan tongkol banyak disukai oleh pebisnis yang berani bersaing di bagian kuliner. Sebab tidak hanya enak, abon ikan tongkol sehatkan. Yang lebih memberikan keuntungan ialah dapat bertahan lama, sama dengan abon sapi sebagai lawannya. Alat Pembuat Abon Tebing Tinggi Sumatera Utara

Langkah membuat abon ikan tongkol:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah bersihkan ikan tongkol serta keluarkan sampah makanan di perut ikan termasuk juga bekas kotorannya, dan buang kepalanya.
Kukus ikan tongkol sampai masak. Dilanjut dengan ambil daging serta singkirkan duri-durinya.
Cabik daging ikan dengan mesin pencabik daging serta ikan sampai jadi kecil serta tidak rapi seperti awalnya.
Campur bumbu rempah lewat cara dihaluskan, diantaranya: bawang merah 75g, bawang putinh 10g, gula merah 150g, ketumbar 10g, 3 tangkai serai, garam dapur 15g, jahe 10g, laos 5g. Lalu, masukan dalam daging ikan tumbuk, aduk sampai rata.
Goreng daging ikan tongkol plus bumbu dengan minyak, aduk selalu sampai kering serta warnanya jadi kuning kecokelatan atau cukup kehitaman.
Usaha ialah ketekunan, serta didukung dengan seperangkat alat serta mesin abon ikan tongkol, akan menolong membesarkan usaha anda, tentu saja bila usaha anda telah mulai tumbuh.

Ikan cakalang ini jadi ikan yang disukai oleh warga, diantaranya yang membuat makanan olahan ikan cakalang ini ialah sebab struktur dagingnya yang padat dan empuk dan rasa-rasanya yang nikmat.

Ikan cakalang ini tidak hanya mempunyai rasa yang lezat serta gurih, nyatanya begitu baik dikonsumsi sebab begitu berguna buat kesehatan. Mengenai kandungan gizi yang ada pada ikan cakalang ialah kandungan protein yang tinggi ditambah lagi kandungan omega 3 yang begitu baik buat kesehatan dan perkembangan serta perubahan badan manusia.

Beberapa bahan:

500 g ikan cakalang
minyak goreng seperlunya
3 btg serai, memarkan
2 cm jahe, memarkan
150 ml santan
250 g kelapa muda, parut panjang
Bumbu halus:

6 bh bawang merah
4 siung bawang putih
4 btr kemiri
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar
3 lbr daun jeruk
Langkah membuat abon ikan cakalang:
Langkah awal yang perlu dikerjakan ialah membersihkan ikan cakalangnya sampai bersih, dan janganlah lupa untuk buang sisik serta durinya.
Panasi air sampai mendidih, lalu kukus ikan cakalang sampai empuk. Sesudah itu diangkat serta tiriskan.
Lalu daging ikan cakalang disuwir-suwir sampai jadi seratan-seratan, proses penyuwiran dapat dikerjakan dengan memakai garpu atau mesin pencacah daging ikan.
Panasi minyak di atas wajan, lalu masukan semua bahan yang telah dihaluskan, lalu tumis sampai aromanya wangi. Anda dapat memberikan tambahan garam serta gula pasir seperlunya sekalian diaduk-aduk dengan rata.
Masukan suwiran ikan cakalang, santan, serta kelapa muda parut sekalian diaduk rata. Masak dengan api kecil sampai kering serta warnanya menjadi kuning kecokelatan.
Imbuhkan bekas minyak goren, aduk sampai abon kering, lalu angkat serta tiriskan. Alat Untuk Membuat Abon Sapi

0 Response to "Alat Untuk Membuat Abon Sapi"

Post a Comment